Pengumpulan Data Statistik Pertanian Tanaman Pangan Terintegrasi dengan Metode Kerangka Sampel Area - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Mataram

Hubungi kami di Email (bps5271@bps.go.id), Telepon (0370 642544), WhatsApp (081139043333)

Permintaan Data dan Pengaduan silakan ke SIBeMO

Pernah Menggunakan Layanan Kami? Bantu Kami Jadi Lebih Baik Lagi

Pengumpulan Data Statistik Pertanian Tanaman Pangan Terintegrasi dengan Metode Kerangka Sampel Area

Pengumpulan Data Statistik Pertanian Tanaman Pangan Terintegrasi dengan Metode Kerangka Sampel Area

21 Oktober 2019 | Kegiatan Statistik


Badan Pusat Statistik bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian melakukan pengumpulan data produksi tanaman pangan setiap tahun. Pengumpulan data tersebut dilaksanakan melalui Pendataan Statistik Pertanian Tanaman Pangan Terintegrasi dengan Metode Kerangka Sampel Area (KSA). KSA adalah suatu metode baru yang bertujuan untuk memperbaiki metode pengumpulan data menjadi lebih objektif dan modern dengan melibatkan peranan teknologi di dalamnya, sehingga data pertanian yang dikumpulkan menjadi lebih akurat dan tepat waktu. Pendataan statistik pertanian tanaman pangan terintegrasi dengan metode Kerangka Sampel Area dilakukan di seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Kota Mataram. Komoditas yang dicakup dalam kegiatan ini adalah padi. KSA bertujuan untuk mengamati fase tanaman di titik-titik potensi ubinan. Untuk Kota Mataram terdapat 14 segmen, yang kemudian menghasilkan 72 titik potensi ubinan.

Adapun tujuan pelaksanaan Pendataan Statistik Pertanian Tanaman Pangan atau yang dikenal dengan survei ubinan adalah untuk memperoleh informasi mengenai produktivitas (hasil per hektar) komoditas tanaman pangan dan informasi pendukung lainnya. Target titik ubinan untuk Kota Mataram tahun 2019 adalag 154 titik yang terbagi dalam 3 subround. Untuk subround I telah terealisasi 47 titik amatan, sedangkan untuk subround II telah terealisasi 39 titik amatan. Sisanya akan dipenuhi pada subround III (September – Desember).

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Mataram/ BPS-Statistics of Mataram MunicipalityJl. Jenderal Sudirman No. 71 Rembiga

Kota Mataram

Telp (62-370) 642544

Faks (62-370) 642544

Mailbox : bps5271@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik